jejak-kaki-manusia-berusia-100000-tahun-ditemukan-di-maroko-5_169

Jejak Kaki Kuno di Maroko dan Isu Kenaikan Permukaan Laut

Viralnya sebuah postingan yang menyebut penemuan jejak kaki kuno di Maroko membuktikan bahwa permukaan laut pernah naik drastis menjadi perhatian banyak pihak. Steve Milloy, mantan kontributor Fox News, menyatakan dalam postingan X bahwa jejak kaki tersebut menunjukkan permukaan laut 20-30 meter lebih tinggi sekitar 90.000 tahun lalu ketika kadar CO2 pra-industri sebesar 275 ppm. Klaim ini didasarkan pada penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature Briefing pada Januari lalu.

Namun, penelitian tersebut sebenarnya memfokuskan analisisnya pada jejak kaki Homo Sapiens di pantai Afrika Utara dan tidak mengaitkannya dengan perubahan iklim. Juan Morales, profesor di Universitas Huelva yang terlibat dalam penelitian itu, menekankan bahwa mereka tidak menyebutkan hubungan antara temuan ini dengan perubahan iklim dalam studi mereka.

Menurut Morales, penemuan jejak kaki di pantai Maroko mungkin menunjukkan bahwa permukaan laut 95 ribu tahun lalu tidak jauh berbeda dengan saat ini. Morales menjelaskan fenomena isostatic rebound, yaitu kenaikan daratan akibat hilangnya berat lapisan es, sebagai kemungkinan penyebab konsistensi garis pantai. Ahli geomorfologi pesisir, Iris Moller dari Trinity College, juga menyebut bahwa tabrakan lempeng Afrika dan Eurasia menyebabkan pengangkatan pantai, yang sering kali disalahartikan sebagai kenaikan permukaan laut.

IPCC PBB dalam laporan tahun 2021 menyatakan bahwa rata-rata permukaan air laut meningkat dari 1,3 mm per tahun pada periode 1901–1971 menjadi 3,7 mm per tahun pada 2006–2018. Peneliti dari University of Southern California, Essam Heggy, mengonfirmasi bahwa kenaikan permukaan laut global telah meningkat lebih cepat sejak tahun 1900 dibandingkan perubahan selama ribuan tahun sebelumnya.


Keseruan Bermain di Gigaspin88

Nikmati keseruan bermain game online di Gigaspin88! Dengan berbagai macam permainan menarik dan peluang jackpot besar, Anda pasti akan terhibur. Daftarkan diri Anda sekarang dan nikmati bonus welcome hingga 100%! Jangan lewatkan kesempatan ini untuk meraih kemenangan besar di Gigaspin88. Segera bergabung dan rasakan pengalaman bermain yang tak terlupakan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *